Barcelona Akan Lebih Defensif Ditangan Koeman

Beritabolasaya – Untuk menyambut musim 2020-2021, Ronald Koeman yang menjadi pelatih baru dari Barcelona akan menerapkan sesuatu yang baru untuk Barcelona. Sesuatu yang baru untuk Barcelona tersebut adalah strategi yang akan lebih defensif. Selama ini Barcelona identik dengan menggunakan formasi 4-3-3 dengan karakter yang cenderung lebih menyerang.

Koeman

Formasi yang digunakan oleh Barcelona tersebut terus menerus digunakan oleh barcelona karena dianggap bisa memaksimalkan permainan tiki-taka dari Barcelona. Namun di bawah arahan dari Ronald Koeman yang menjadi pelatih baru mereka, sepertinya Barcelona akan jarang menggunakan formasi 4-3-3 tersebut.

Koeman ditunjuk menjadi nahkoda baru dari Barcelona pada 19 Agustus 2020. Ia memiliki rencana untuk menerapkan strategi baru bersama Barcelona. Hal itu ditunjukkan oleh Koeman dalam laga uji coba melawan Gimnastic de Tarragona hari Sabtu lalu.

Barcelona Akan Lebih Defensif Ditangan Koeman

Dalam laga tersebut Barcelona bermain menggunakan formasi 4-2-3-1 yang notabene jarang sekali digunakan oleh Barcelona. Walaupun terhitung baru, formasi tersebut terbukti efektif dalam laga uji coba Barcelona. Barcelona meraih hasil positif dalam laga uji coba tersebut dengan hasil kemenangan 3-1.

Maksud dari Koeman menggunakan strategi 4-2-3-1 adalah supaya Barcelona bisa memainkan strategi baru yang lebih memiliki karakter bertahan sekaligus menyerang.  Dengan memainkan dua gelandang bertahan, Koeman berharap ingin membawa Barcelona agar bisa tampil lebih defensif dibandingkan sebelumnya.

Namun, walaupun begitu Koeman juga menekankan jika dengan mempunyai dua pemain yang menempati peran tersebut tim asuhannya bisa bermain lebih fleksibel saat menyerang nantinya. Menurut Koeman, ini mungkin juga agak berbeda dan agak lebih defensif dibandingkan yang terlihat dalam beberapa tahun terakhir Barcelona.

Tujuan Memindahkan Bola

Penggunaan strategi tersebut adalah dengan tujuan untuk memindahkan bola kemudian menahan dan menemukan ruang guna bermain di antara garis di belakang bagian gelandang lawan. Koeman berpikir bahwa barcelona bias melakukan hal itu karena Barcelona mempunyai gelandang untuk bermain dengan strategi tersebut.

Koeman juga memberi komentar terkait hasil pertandingan yang sudah ia lakoni bersama Barcelona. Menurutnya yang paling penting adalah tidak ada yang cedera ketika bermain dalam laga uji coba tersebut.

Koeman juga berpendapat jika ada saat-saat dengan intensitas yang bagus, selalu ada hal yang harus ditingkatkan. Namun Koeman mengaku senang karena Barcelona sudah berada disini selama dua minggu dan mereka memiliki waktu dua minggu lagi untuk mempersiapkan segala hal.

Yang terpenting adalah bagi para pemain untuk bermain karena pertandingan sebelumnya bukan pertandingan pramusim yang normal. Barcelona hanya memiliki waktu empat pekan. Jika biasanya mereka memiliki waktu enam pekan, kini karena adanya pandemi Covid-19 mereka hanya memiliki waktu enam pekan saja.

Situasi Yang Rumit

Menurut Koeman, ini adalah situasi yang rumit. Karena apa yang sudah ia lakukan bersama Barcelona harus ekstra keras. Latihan fisik dan dalam waktu dua minggu kedepan ia juga harus banyak melatih dari sisi taktis.

Barcelona sendiri saat ini hanya mendatangkan satu pemain tambahan dalam bursa transfer musim panas yaitu Pjanic yang merupakan mantan gelandang Juventus. Pjanic sendiri juga didapatkan Barcelona dari hasil tukar pemain dengan Arthur Melo. Apakah Barcelona bisa mencapai target musim depan dengan menjadi juara Liga Champions? Kita lihat saja bagaimana permainan Barcelona musim depan.

Ingin mendapatkan kabar terbaru dari dunia sepakbola? Jangan lupa untuk selalu mengunjungi beritabolasaya agar kalian tidak ketinggalan informasi terbaru dari dunia si kulit bundar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *