Ditunjuknya Andrea Pirlo Menjadi Pelatih Juventus Menghina Asosiasi Pelatih

Beritabolasaya – Ditunjuknya Andrea Pirlo Menjadi Pelatih Juventus Menghina Asosiasi Pelatih. Penunjukan Andrea Pirlo menjadi pelatih baru Juventus tentu saja mengejutkan banyak orang dan pengamat sepakbola. Peristiwa penunjukan Pirlo tersebut bahkan mendapatkan reaksi keras dari pelatih Italia yaitu Sandro Pochesci. Pirlo yang baru saja menjalani kursus di Coverciano baru saja mendapatkan lisensi pelatih dari UEFA Pro pada bulan Agustus tahun 2019 lalu.

Sebenarnya juventus tadinya ingin memberikan jabatan Pirlo untuk melatih tim junior U-23 kepada Pirlo untuk memulai karirnya menjadi seorang pelatih. Namun karena di akhir musim ini tiba-tiba Juventus memecat pelatih dari tim utama yaitu Maurizio Sarri terkait tersingkirnya Juventus dari Liga Champions membuat Pirlo langsung ditunjuk untuk menjadi pelatih tim utama Juventus menggantikan Sarri.

Kritikan Pelatih Italia Terkait Ditunjuknya Pirlo

Selang beberapa saat setelah Sarri didepak dari kursi Pelatih Juventus, secara mengejutkan Pirlo langsung ditunjuk untuk menjadi pelatih tim utama dari Juventus dengan menandatangani kontrak selama 2 tahun lamanya. Padahal masalah Lisensi UEFA Pro saja belum dipegang oleh Pirlo. ya walaupun menjelang musim 2020-2021 nantinya urusan ijazah syarat untuk menjadi pelatih ini diyakini akan selesai.

Jalan Pirlo yang dimuluskan untuk langsung menjadi pelatih dari tim utama Juventus ini langsung dikritik oleh Sandro Poschesci. Pelatih asal Italia tersebut berpendapat bahwa Juventus yang memilih mantan pemain yang memiliki nama besar untuk menjadi pelatih adalah hal yang benar-benar rookie dalam dunia kepelatihan abad ini. Tentu saja tidak adil jika mantan pemain yang memiliki nama besar mendapatkan jalan karir menjadi pelatih yang semulus itu.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Pirlo tidak memiliki rekam jejak menjadi pelatih sebelumnya, dan peristiwa ini tentu saja mengejutkan banyak pihak. Perekrutan Pirlo untuk menjadi pelatih Juventus menggantikan Sarri yang merupakan pelatih Profesional adalah suatu kekalahan besar sekaligus hinaan untuk asosiasi pelatih dalam dunia sepakbola.

Pirlo harus melalui jalan yang panjang untuk bisa membuktikan diri bahwa dirinya layak untuk memegang sebuah tim yang besar. paling tidak Pirlo harus magang selama dua hingga tga tahun baru bisa memegang kendali dari tim besar sekelas Juventus. Namun hal tersebut tidak terjadi pada Pirlo, dirinya bisa dengan mudah menggantikan Sarri yang merupakan pelatih Profesional.

Pochesci sendiri memulai karir melatihnya di tahun 2003, namun ia merintis karir dari nol dimana di tahun tersebut dirinya hanya menjadi asisten pelatih. Baru lah di tahun 2007 dirinya mulai dipercaya untuk menjadi kepala pelatih. Pirlo merupakan pemain yang hebat, kita semua tahu akan kehebatan Pirlo dalam menjadi pemain di lapangan. Namun tentu saja tidak adil apabila dia kemudian mendapatkan keuntungan untuk memegang kendali penuh Juventus seperti saat ini. Pirlo akan memulai karir menjadi pelatih Juventus dalam gunjingan orang karena ujian lisensinya baru akan berlangsung bulan Oktober nanti.

Seharusnya hal seperti ini jangan sampai terjadi lagi. Memang nantinya PIrlo akan berkembang, namun paling tidak dirinya harus bisa membuktikan diri dulu bahwa dirinya layak untuk menjadi pelatih tim besar sebelum ditunjuk untuk menjadi pelatih tim utama sekelas Juventus. Ditunjuknya Pirlo yang secara instan melatih Juventus adalah kegagalan besar dalam sejarah dunia kepelatihan.

Ingin mendapatkan kabar terbaru dari dunia sepakbola? Jangan lupa untuk mengunjungi beritabolasaya agar kalian mengetahui berita terbaru dari dunia sepakbola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *