Kalahkan Juara Bertahan Meksiko, Tuan Rumah USA Rebut Kembali Piala Gold Cup 2021

Kalahkan Juara Bertahan Meksiko, Tuan Rumah USA Rebut Kembali Piala Gold Cup 2021 – Laga Final Gold Cup 2021 kali ini mempertemukan 2 tim kuat dari Benua Amerika, Pertandingan yang mempertemukan sang juara bertahan Meksiko yang akan melawan tuan rumah USA. Laga Pertandingan final Kejuaraan Piala Emas 2021 sudah berakhir dengan kemenangan tuan rumah USA. Pertandingan yang di gelar di Stadion Allegiant, Nevada, Amerika Serikat pada 2 Agustus 2021 pukul 07.30 Wib.

Pertandingan Final kali ini mempertemukan 2 rival abadi dalam gelaran Gold Cup. Hal ini sudah tidak bisa di bantahkan, ke-2 tim ini merupakan tim kuat yang paling sering mencapai babak final pada gelaran piala emas. Tak heran sampai saat ini mereka bertemu kembali di final. Pada gelaran Gold Cup 2019 tahun lalu, Timnas Meksiko keluar sebagai juara dengan berhasil mengalahkan USA. Dan tahun ini 2021, Meksiko harus mengakui kekalahan laga finalnya melawan USA. Gol dramatis dari Miles Robinson di menit ke-117 mengantarkan USA menjuarai Piala Emas 2021.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan yang sengit terjadi di lapangan Allegiant. Dimana pada awal babak di menit ke-4, USA sempat memberikan ancaman melalui umpan lambung dari G.Bello yang mengarah ke tengah kotak penalti. Alhasil bola yang menghampiri E. Williamson tidak mampu di eksekusi dengan baik. Tendangan bola yang terlalu lemah mampu di tangkap dengan baik oleh A. Talavera. Tak mau kalah dengan USA, Timnas Meksiko juga sempat memberikan ancaman besar melalui tendangan sepak pojok di menit ke-11, tetapi sundulan dari Rogelio Funes Mori tidaklah cukup untuk mengancam gawang M.Turner. Tak hanya itu saja, pada menit ke-18 Meksiko kembali mendapatkan sepakan pojok tetapi sundulan dari H. Herrera juga tidak mampu membobol gawang M. Turner.

Selang waktu berjalan, USA mendapatkan peluang emas di menit ke-26. Tetapi sangat di sayangkan tidak mampu di eksekusi dengan baik, Dimana tendangan dari Sebastian Lleget masih mengenai tiang kiri gawang. Tak mau kalah dengan USA, Meksiko melalui aksi dari Funes Morri di dalam kotak penalti di menit ke-31 hampir saja membuahkan gol. Selang 2 menit, lagi-lagi meksiko memberikan ancaman melalui umpan ke dalam kotak penalti dari J. Gallardo mengarah ke Funes Morri. Alhasil tendangan yang tidak maksimal masih melenceng jauh dari mistar gawang. Dimenit ke-38, Penyerang dari Meksiko Funes Morri terus memberikan ancaman tetapi masih gagal. Hingga pada akhir babak pertama skor masih 0 – 0.

Masuk kedalam babak ke-2, Meksiko tampil dengan sangat meyakinkan di babak pertama terus berlanjut hingga babak ke-2. Ancaman terus berdatangan ke arah M. Turner seperti di menit ke-46 dan menit ke-50. Tetapi tidak membuahkan hasil, ke-2 tim saling menjual beli serangan satu sama lain. Tetapi penampilan meksiko yang terlalu mendominan membuat permainan USA kurang tajam di babak final ini. Tak kalah dengan Funes Morri di babak pertama, M. Hoppe penyerang asal USA juga sempat memberikan ancaman di menit ke-69 dan 71. Hingga akhir babak ke-2, Timnas USA vs Meksiko yang saling memberikan tekanan tidak mampu menciptakan gol. Pertandingan yang berakhir di lanjutkan dengan babak Extra Time.

BABAK EXTRA TIME

Masuk ke dalam babak Extra Time, ke-2 tim masih bermain dengan saling memberikan serangan. Jual beli serangan terus berlanjut, hingga pada menit 117′ Miles Robinson berhasil mencetak gol pertamanya. Gol yang datang dari umpan tendangan bebas dari Acosta langsung di sambar baik dengan sundulan ke bawah. Hingga babak Extra Time, Meksiko tidak mampu membalikan keadaan. Membuat USA keluar sebagai Juara Gold Cup 2021.