Tumbangnya Kanidat Juara EURO 2020, Perancis vs Swiss

Tumbangnya Kanidat Juara EURO 2020, Perancis vs Swiss – Selesainya babak penyisihan 16 besar antara Perancis melawan Swiss yang dilaksanakan pada Selasa (29/06/2021) dini hari pukul 02.00. Pada laga kali ini Perancis vs Swiss yang di selengggarakan di National Arena Bucharest, Rumania. Pada pertandingan kali ini hal yang tidak di sangka – sangka terjadi kembali , dengan tumbangnya salah satu kanidat juara EURO 2020. Perancis sebagai juara bertahan Piala dunia 2018 sekaligus Runner up dari Euro 2016 harus mengakui kekalahan mereka lewat drama adu pinalti. Kekalahan tragis ini tentunya akan menjadi pukulan bagi anak asuh dari Didier Deschamps. Perancis merupakan tim kuat terpaksa harus menerima kenyataan yang tidak di sangka – sangka.

Pada babak penyisihan grup, Perancis sempat tampil dengan baik melawan 3 kanidat juara EURO 2020 yaitu Portugal, Jerman dan Hongaria. Perancis yang keluar sebagai juara Grup F harus mengakui kekalahan pada laga dini hari tadi kontra melawan  swiss pada babak penyisihan 16 besar. Swiss sebagai peringkat 3 terbaik di Grup A EURO, Pada pertandingan tadi mereka tampil dengan performa yang baik dengan mengimbangi permainan dari Les Bleus hingga menuju babak adu pinalti.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Hasil Perancis Vs Swiss - Drama 6 Gol, Laga Berlanjut Ke Extra Time Halaman all - Kompas.com

Pada babak pertama perancis sempat tertinggal 1 gol dari Swiss. Pada menit ke-15, gol pertama yang di cetak Timnas Swiss dengan melakukan serangan langsung menuju lini tengah melalui umpan crossing yang di lakukan oleh Steven Zuber dari sisi kiri. Bola yang melambung ke lini tengah kemudian disambar dengan baik oleh Haris Seferovic dengan melakukan sundulan mengarah ke sisi kiri bawah gawang Hugo Lloris. Hal ini tentunya menjadi kejutan awal bagi timnas Perancis karena tak di sangka-sangka mereka kebobolan gol pada menit – menit awal. Akibat hal yang tak terduga – duga yang di lakukan oleh anak asuh dari Vladimir Petković membuat timnas perancis bermain lebih agresif dengan melakukan serangan cepat menujut ke gawang Swiss. Pada babak pertama perancis lebih mendominasi permainan dengan terus melakukan serangan demi serangan yang membuat timnas swiss harus bermain dengan defend yang lebih ketat. Hingga akhir dari babak pertama, Timnas Les Bleus belum bisa menyamai kedudukan 1-0 dari Swiss.

Babak ke-2

Prancis Vs Swiss: Penuh Drama! Skor 3-3, Duel ke Perpanjangan Waktu

Saat masuk babak ke-2, Swiss yang kembali tampil dengan percaya diri mencoba memberi serangan yang mengancam pertahanan Les Bleus. Pada menit ke-55 Sempat mendapatkan tendangan penalti tetapi berhasil di gagalkan oleh Hugo Lloris. Dengan gagalnya tendangan penalti dari swiss membuat mentalitas juara dari timnas Perancis menjadi bangkit. Dimana mereka bermain dengan sangat agresif, Karena selang 2 menit perancis berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 melalui gol Benzema. Kemudian lagi – lagi benzema memberikan gol ke-2 untuk Les Bleus dengan selang waktu 2 menit menjadikan prancis unggul 2-1 dari Swiss. Kemudian di susul dengan gol ke-3 mereka yang di lakukan oleh Paul Pogba pada menit ke-75 membuat mereka unggul menjadi 3-1. Hingga 10 menit terakhir membuat keberuntungan dari Les Bleus berakhir menjadi malapetaka. Tim anak asuh Vladimir Petković berhasil memberikan perlawanan dengan mencetak gol pada menit 81 oleh Haris Seferovic yang juga merupakan gol ke-2 yang di ciptakannya. Sebelumnya Haris sudah mencatatkan namanya di papan skor pada babak pertama. Kemudian tidak hanya sampai disitu saja, pada menit ke 90 kemudian membuat Mario Gavranovic mencetakan goal ke-3 untuk swiss. Membuat hingga akhir pertandingan babak ke-2 berakhir imbang 3-3.

 

Extra Time Dan Penalti

Hasil EURO 2020 - Kalahkan Prancis Lewat Drama Adu Penalti, Swiss Lolos Perempat Final - Tribun Batam

Akibat seimbangnya akhir dari Babak ke-2, Membuat timnas perancis dan swiss harus menjalani babak extra time untuk menentukan siapa yang akan keluar sebagai pemenangnya. Pada menit ke-94, Les Bleus harus kehilangan striker terbaik mereka Karim Benzema yang harus di tarik keluar lantaran mengalami cedera. Banyak peluang yang di ciptakan timnas perancis, tetapi tidak bisa di manfaatkan dengan baik. Hal hasil hingga akhir babak extra time, Ke-2 tim perancis dan swiss harus menjalankan adu penalti. Pada kali ini perancis gagal melangkah pada babak selanjutnya karena tendangan ke-5 yang di lakukan Kylian Mbappe gagal di eksekusi dengan baik membuat mereka harus gugur pada fase babak penyisihan 16 besar.

Hasil Penalti ke-2 Timnas

Swiss

  1. Mario Gavranovic – Gol
  2. Fabian Schar – Gol
  3. Manuel Akanji – Gol
  4. Ruben Vargas – Gol
  5. Admir Mehmedi – Gol

Perancis

  1. Paul Pogba – Gol
  2. Olivier Giroud – Gol
  3. Marcus Thuram – Gol
  4. Presnel Kimpembe – Gol
  5. Kylian Mbappe – Gagal

Line UP Ke-2 Timnas

  • Prancis (3-4-1-2): Hugo Lloris (c); Raphael Varane, Clement Lenglet (Kingsley Coman 46′ (Marcus Thuram 111′)), Presnel Kimpembe; Benjamin Pavard, Paul Pogba, N’Golo Kante, Adrien Rabiot; Antoine Griezmann (Moussa Sissoko 88′); Karim Benzema (Olivier Giroud 94′), Kylian Mbappe.
  • Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez (Admir Mehmedi 87′); Silvan Widmer (Kevin Mbabu 73′), Remo Freuler, Granit Xhaka (c), Steven Zuber (Christian Fassnacht 79′); Xherdan Shaqiri (Mario Gavranovic 73′); Haris Seferovic (Fabian Schar 97′), Breel Embolo (Ruben Vargas 80′).